ALUR PROGRAM SAS SDN 1 LATENG BANYUWANGI

  1. PENGALANGAN DANA

Tahapan awal kegiatan SAS, yaitu di setiap hari senin tim sas dan peserta didik di masing-masing kelas mengalang dana SAS yang menjadi rutinitas guna membentuk habituasi positif.

  1. PENYERAHAN DANA KEPADA BENDAHARA

Dana yang terkumpul dari masing-masing kelas akan diserahkan kepada bendahara SAS atau guru Pembina. Dana yang terkumpul akan dihitung , diadministrasikan dalam Pembukuan SAS, sebagai data manual pemasukan dan pengeluaran, sebagai alat kontrol, administrasi data otentik yang valid dan akuntabel.

  1. PEMBERITAHUAN

Hasil pengalangan dana dari masing- masing kelas akan diumumkan pada saat upacara bendera hari Senin. Sebagai bentuk transparansi, yang bisa memotivasi peserta didik untuk lebih semangat mengalang dana SAS. Biasanya dalam upacara bendera ini, Pembina upacara juga memberikan  dorongan yang persuasive dan edukatif tentang SAS.

  1. PENENTUAN SISWA PENERIMA DANA BANTUAN SAS

Para siswa yang menjadi nominator penerima bantuan SAS berdasarkan rekomendasi dari wali kelas atau guru, bisa juga komite sekolah atau paguyuban kelas. Setelah melalui proses seleksi dengan skala prioritas azas kelayakan, keadilan dan tepat sasaran sedangkan jenis bantuan dan nominal yang akan diberikan mengacu pada kebutuhan siswa yang bersangkutan, dan selanjutnya ditentukan waktu penyerahanya.

  1. PENYERAHAN BANTUAN SAS

Penyerahan bantuan SAS kepada siswa yang berhak menerima diserahkan pada saat upacara bendera, atau bisa pada saat atau even-even tertentu yang sudah terprogram. Bantuan yang diserahkan bisa berupa uang tunai, atau barang kebutuhan siswa yang bersifat urgen seperti sepatu, tas, buku, seragam dan lain-lain.

  1. PERTANGGUNG JAWABAN DAN TRANSPARANSI DANA SAS

Tim SAS SDN 1 Lateng Banyuwangi bertanggung jawab atas segala pemasukan dan pengeluaran dana beserta peruntukannya di bawah pengawasan kepala sekolah, yang nantinya dilaporkan kepada Dinas Pendidikan secara online dan berkala sebagai bentuk transparansi dan pertanggung jawaban formal atas pelakasanan program SAS di sekolah.